Logo

036341250

  • Om Swastyastu, Selamat Datang di Website Resmi Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem
Sabtu Pon
Baca Artikel

PKBM Cetak Generasi Unggul

Oleh : nyuhtebel | 08 Oktober 2018 | Dibaca : 257 Pengunjung

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) telah disediakan oleh pemerintah desa Nyuhtebel sejak tahun 2016, akhir pembangunan infrastruktur gedung/ruangan belajar PKBM selesai Oktober 2016; alat tulis, papan tulis, seperangkat gamelan dan lainnya disiapkan pada tahun 2017, untuk gamelan status pinjam pakai dari Sanggar Pariwisata Budaya banjar Karanganyar Nyuhtebel.
 
Tujuan Pembangunan PKBM adalah untuk tempat belajar warga desa dari segala umur tentang keterampilan dan kecakapan hidup sebagai bekal dalam mengarungi medan kehidupan di dunia nyata ini. Sebagai bentuk dari kegiatan misi desa yaitu pemenuhan kebutuhan dasar.
 
PKBM telah berfungsi efektif tahun 2017 dimanfaatkan oleh Pasraman Remaja Wredy Sesana, seke gong wanita Gita Smarayoni, anak-anak TK dan PAUD belajar tari modern, seke baleganjur dewasa dan truna, warga dewasa belajar pesantian.
 
Pasraman remaja Wredy Sesana belajar di PKBM mendapat dukungan anggaran berupa BKK dari pemerintah provinsi Bali setiap tahun. Keterampilan yang diajarkan di PKBM pasraman Wredy Sesana meliputi: tari sakral rejang dan baris gede, gita santi, olah tubuh yoga asana untuk kesehatan prima, membuat alat upajara/upacara, belajar menabuh/kerawitan, belajar aksara/Bali, belajar tari kreasi, dan juga keterampilan pelajaran bahasa Inggris/ bahasa asing.
 
Anak – anak SD dan TK, PAUD juga banyak belajar tari kreasi modern dalam rangka pentas ulang tahun Seke Truna.
 
Pemanfaatan PKBM semakin luas dari tahun ke tahun, oleh karena itu ke depan perlu mengatur jadwal kegiatan PKBM sehingga kegiatan belajar warga di PKBM semua dapat difasilitasi.
 
Penyelenggaraan PKBM akan dilengkapi pengadaan komputer/ laptop untuk pelatihan keterampilan warga
( I Ketut Mudra, pawarta warga nyuhtebel)


Oleh : nyuhtebel | 08 Oktober 2018 | Dibaca : 257 Pengunjung


Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :