Logo

036341250

  • Om Swastyastu, Selamat Datang di Website Resmi Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem
Selasa Pahing
Baca Artikel

Eko Hill Tracking Bukit Ugu

Oleh : nyuhtebel | 09 Oktober 2018 | Dibaca : 302 Pengunjung

Desa Nyuhtebel memiliki luas wilayah 202 Ha, terletak di Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem dengan jumlah penduduk 2.673 Jiwa 657 KK.  Dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakat dan untuk mengembangkan potensi wilayah maka Pemerintah Desa Nyuhtebel terus berupaya untuk mengembangkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki. Desa Nyuhtebel terletak di Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem yang masuk kawasan wisata Candidasa yang saat ini sedang mengembangkan potensi wilayah dibidang wisata agro salah satunya “EKO HILL TRACKING BUKIT UGU.
 
Eko Tracking Bukit Ugu merupakan program kegiatan wisata lingkungan perbukitan yang direncanakan untuk dikembangkan oleh Pemerintah Desa Nyuhtebel untuk mengenalkan keindahan alam (panorama alam) yang indah yang dimiliki desa nyuhtebel, perbukitan yang membentang dari pantai batu madeg hingga bukit lemped, hamparan sawah dan pantai yang membentang di bagian lembah dapat dilihat dan dinikmati dari atas bukit ugu, sangat cocok bagi para wisatawan yang suka pendakian untuk bersua foto dan selfi sambil menikmatis semilir angin pegunungan yang kiranya sangat mengesankan.
 
Rute yang akan dilalui Eko Hill Tracking Bukit Ugu yaitu dimulai dari warung BUMDesa bukit batu gede naik menuju bukit ugu ke arah utara menuju bukit lemped. Di dalam perjalanan ini wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan atas bukit seperti hamparan pantai, sawah, lembah bahkan pemukiman penduduk Desa Nyuhtebel dapat dilihat dari atas bukit serta aktivitas warga dapat dinikmati dari kejauhan; selain keindahan alam, pengunjung juga dapat menikmati satwa yang ada di desa nyuhtebel.
 
Proses pengembangan Eko Hill Tracking Bukit Ugu masih tahap perencanaan dan terus diupayakan untuk pendanaanya memalui APBDesa dan secepatnya akan diwujudkan agar segera dapat dinikmati oleh wisatawan dan warga desa nyuhtebel yang senang berwisata pendakian bukit atau sekedar jalan-jalan olah raga ringan di pagi dan sore hari.
 
Pemerintah Desa terus mematangkan perencanaan pengembangan Eko Hill Tracking Bukit Ugu agar nantinya dapat memberikan peningkatan pendapatan masyarakat sekitar. Dengan adanya obyek wisata baru diharapkan memberikan peluang lapangan pekerjaan dan tambahan penghasilan bagi warga desa nyuhtebel.
 
Eko Hill Tracking Bukit Ugu dipilih untuk dikembangkan karena melihat potensi alam yang dimiliki desa nyuhtebel mencakup semua aspek keindahan alam mulai dari hamparan perbukitan, sawah, pantai dan gambaran kearifan lokal masyarakat di desa nyuhtebel.
 
Untuk mewujudkan program pengembangan Eko Hill Tracking Bukit Ugu perlu dukungan dari seluruh masyarakat desa nyuhtebel, selain upaya dari pemerintah desa yang terus menyiapkan dari sisi pendanaan. Pembangunan jalan permukiman menuju pertanian telah mulai dibangun tahun 2017 akan dilanjutkan terus pada tahun 2018-2021. Pembangunan infrastruktur jalan dan tempat parkir merupakan prasarana pendukung yang sangat penting untuk kemajuan Eko Hill Tracking Bukit Ugu. 
 
Infrastruktur Eko Hill Tracking ini terus ditumbuhkan untuk menyongsong Psiko Animo generasi milineal yang menyukai olahraga tracking di dekat lingkungan mereka, menikmati smilir pergantian angin spoi darat dan lautsetiap hari di bentang perbukitan lingkungan perumahan BTN Candidasa menuju perumahan Bajar Adat tauman sepanjang 2,5 km sambil dimanjakan oleh panorama alam bukit dan pantai (Nyegara gunung) member kalbu sang pencipta alam, sebuah jalur olahraga tracking yang langka.
( I Komang Murtawan, Pawarta Warga Nyuhtebel)


Oleh : nyuhtebel | 09 Oktober 2018 | Dibaca : 302 Pengunjung


Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :