Logo

036341250

  • Om Swastyastu, Selamat Datang di Website Resmi Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem
Jumat Pon
Baca Artikel

Unik Ritual Upacara Adat dan Budaya di Desa Nyuhtebel

Oleh : nyuhtebel | 17 Februari 2017 | Dibaca : 292 Pengunjung

Desa desa pekraman di Bali masing2 memiliki kekhasan sendiri2. Hal ini sering disebut dg istilah "desa mawa cara," kekhasan atau sesuatu yg berbeda dari desa itu muncul karena perubahan2 yg terjadi menurut ruang dan waktu, maka sering disebut sebagai "desa kala patra" (desa ,= tempat/ ruang,; kala = waktu; patra = perubahan). Jadi dapatlah dikatakan bahwa desa kala patra memunculkan desa mawa cara atau keunikan2 yg dijumpai di beberapa desa tertentu di Bali.

Di desa pakraman Nyuhtebel ditemukan paling sedikit 4 keunikan dikala melaksanakan ritual upacara adat kebudayaan Agama Hindu yaitu
1. Ide Ratu Gede Mesolah
2. Maturan Bulu Miik
3. Merebut Be Siap
4. Pebarisan

Ritual upacara ini dilaksanakan pada hari-hari suci menurut kalender lokal Bali yang disebut dengan padewasan. Ide ratu gede mesolah dilaksanakan pada padewasan hari kajeng kliwon yaitu pada kala itu terjadi pertemuan hari kajeng dan hari kliwon. Pertemuan hari kajeng dan kliwon itu menyebabkan leburnya energi negatif bumi dan menguatnya energi positif, sehingga kala itu dipercaya sangat baik untuk meningkankan power positif diri. Hari itulah dipilih oleh warga untuk memohon anugrah kesehatan dan ketenangan diri dari tuhan dengan perantara sesolahan Ide Ratu Gede yg disungsung oleh warga Desa Nyuhtebel. Disaat itu warga berduyun2 mempersembahkan banten kepada ide sesuhunan ratu gede, dan sesudah selesai mengikuti ritual upacara Ratu Gede Mesolah warga merasakan badannya lebih segar dan tenang. Bahkan ada yang mengambil/ngelungsur 3 batang rambut Ide Ratu Gede dipasang sebagai gelang ditangan kanan untuk kesehatan diri. Itulah keunikan Ide Ratu Gede Mesolah di Desa Nyuhtebel. (created by Ir. I Ketut Mudra)


Oleh : nyuhtebel | 17 Februari 2017 | Dibaca : 292 Pengunjung


Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :