Logo

036341250

  • Om Swastyastu, Selamat Datang di Website Resmi Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem
Minggu Kliwon
Baca Artikel

Mengasuransikan Ternak Sapi Kube, Solusi Program Kube Berkelanjutan

Oleh : nyuhtebel | 08 Oktober 2018 | Dibaca : 433 Pengunjung

KUBE adalah merupakan kelompok usaha bersama yang terdiri dari masyarakat miskin yang ada di desa nyuhtebel yang dibentuk dalam sebuah kelompok yang mana kegiatan dari kelompok tersebut memelihara sapi. Dana dari Sapi tersebut adalah dana yang diberikan oleh Pemerintah yang kemudian dibelikan Sapi dan dipelihara oleh kelompok tersebut.
 
Dalam hal ini masyarakat dari kelompok tersebut sering mengeluh karena sapi yang mereka pelihara kadang mati tanpa ada pengganti. Maka dengan beransurasi kami berpikir mungkin kiranya dapat mengurangi beban peternak sapi. Untuk maksud itulah kami mengajukan permohonan dengan harapan bisa membantu masyarakat,maka diharapkan dengan asuransi sapi kami yang dikelola oleh KUBE bisa mengurangi resiko kerugian yang lebih fatal dan bisa melanjutkan keberlangsungan Usaha beternak sapi di Desa Nyuhtebel yang selalu dihati.
 
1. LATAR BELAKANG
Desa Nyuhtebel memiliki luas wilayah 202 Ha, terletak di Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem dengan jumlah penduduk 2673 Jiwa dan 684 KK. Dengan kebanyakan Penduduknya bermata pencaharian petani ternak sapi yang kurang berkembang.
 
Dalam Upaya meningkatkan pendapatan masyarakat dan untuk mengembangkan potensi wilayah maka Pemerintah Desa Nyuhtebel terus berupaya untuk mengembangkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki.
 
Peningkatan Peternak Sapi sangat tergantung pada mutu dan kualitas dari bibit sapi tersebut. KUBE merupakan kelompok usaha bersama yang sangat punya harapan besar bagaimana sapi yang mereka pelihara bisa berkembang maksimal agar hasil yang didapatkan sesuai dengan jerih payah mereka.
 
Demi menjamin peternakan sapi yang dikelola oleh KUBE maka kami ingin memfasilitasi dengan membuatkan asuransi sapi KUBE yang berkelanjutan demi kesejahteraan peternak sapi di Desa Nyuhtebel yang selalu dihati.
 
2. TUJUAN
Sapi  yang dikelola KUBE bisa berkelanjutan dengan adanya asuransi yang bisa menjamin kesejahteraan sapi kelompok tersebut.
 
3. KEGIATAN 
Adapun kegiatan yang akan dilakukan yaitu mengasuransikan sapi-sapi yang dikelola KUBE agar apabila terjadi sesuatu pada sapi peliharaan mereka. Maka asuransi diharapkan sebagai solusi terbaik untuk masalah kelompok.
 
4. MANFAAT 
Para peternak akan merasa nyaman dan aman dalam memelihara sapi mereka.
Program Kegiatan Pemerintah Desa Nyuhtebel ( Pemdes) dalam upaya penanggulangan kemiskinan meliputi : 
1. Pembentukan dan fasilitasi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) usaha ternak sapi. 
2. Ternak bergulir penanggulangan kemiskinan ( tergulir napkis ) ternak sapi dan babi
3. Amal Sembako BBGRM, Rastra, Bedah Rumah, Bantuan MCK, PKH, JKN KIS.
 
Program kegiatan Penanggulangan Kemiskinan ini telah terlaksana dari tahun ke tahun
Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Pemdes khususnya pada program kegiatan KUBE Sapi dan Tergulir nangkis ditemukan masalah-masalah diantaranya cukup banyak Ternak Sapi yang mengalami kematian sehingga usaha ternak dipetani terputus karena tidak serta merta ternak yang mati dapat diganti kembali dengan ternak baru. Untuk penggantian ternak yang mati masih menunggu hasil perguliran dari anakan sapi perguliran atau menunggu Anggaran untuk kegiatan ternak bergulir berikutnya. Oleh karenanya penggantian ternak bergulir di petani dapat mencapai kurun waktu 1-2 Tahun. Disamping itu petani miskin calon peserta Program kegiatan KUBE Sapi dan ternak bergulir cukup banyak sementara Anggaran Pemdes dan Supra Desa terbatas.
 
Sebagai solusi dari masalah tersebut adalah mengasuransikan Ternak Sapi KUBE dan Tergulir Nangkis dimanapun terjadi kematian, dan kehilangan ternak petani pengadas dapat melakukan kalim asuransi untuk membeli Sapi yang baru. Kegiatan asuransi Sapi ini direncanakan mulai tahun 2018 menggunakan Anggaran Pemdes melalui kegiatan Pelatihan KUBE, secara bertahap diharapkan periode waktu berikutnya petani KUBE sudah dapat mandiri mengasuransikan ternak sapinya masing-masing. Keberhasilan ini nantinya diupayakan dapat ditiru oleh peternak Sapi lainnya secara berkelompok maupun individu.
 
KUBE Desa Nyuhtebel yang akan mengikuti Program Kegiatan Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) antara lain : KUBE FM Karanganyar, KUBE FM Tauman, KUBE Manuk Sari, Satwa Abadi, Kembang Beringin, Tirta Nadi, Simpangan Lestari sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh pihak asuransi yaitu ternak diusahakan berada satu tempat/terkumpul/terkonsentrasi dapat berkoloni ataupun tidak, ternak dipalapi nomor (tag) pada telinganya dan persyaratan lainnya.
Pawarta Warga Nyuhtebel ( Ni Nengah Purniasih)


Oleh : nyuhtebel | 08 Oktober 2018 | Dibaca : 433 Pengunjung


Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :