Logo

036341250

  • Om Swastyastu, Selamat Datang di Website Resmi Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem
Selasa Legi
Baca Berita

Babinkamtibnas dan Tim Medis Puskesmas Hadir di Hari "Ngusaba Dalem Desa Adat Nyuhtebel"

Oleh : nyuhtebel | 08 April 2019 | Dibaca : 91 Pengunjung

Desa Adat Nyuhtebel menggelar Upacara Ritual "Ngusaba Dalem"  mulai tanggal 2  sampai dengan 5 April  di pura dalem setempat. Warga adat mempersiapkan sarana upakara di pagi hari di masing masing banjar adat lanjut pukul 12.00 sarana itu diangkut dibawa ke pura dalem.
 
Babinkamtibmas Desa Nyuhtebel I Wayan Sridana bersama Tim Kesehatan/ Tim Medis Puskesmas Manggis II hadir di hari ke 2 tanggal (3/4) di pura dalem setempat untuk memberikan pelayanan kesehatan/ medis dan juga keamanan dan kenyamanan warga adat melaksanakan upacara ritual selama 4 hari yang banyak menguras tenaga dan pikiran warga.
 
Tim Medis yang hadir dikordinir oleh Bidan Desa Ni kadek Ayu Melandari bersama 3 orang petugas Puskesmas. Babinkamtibmas dan Tim Medis juga didampingi oleh Perbekel dan Sekretaris Desa Nyuhtebel.
 
Bidan desa Ayu Melandari mengemukakan Kehadiran Babinkamtibmas bersama Tim Medis Puskesmas di tengah tengah warga yang sedang  melaksanakan upacara ngusaba dalem adalah untuk melakukan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM)  dengan cara melakukan pemeriksaan/ cek Tensi (tekanan darah) dan cek kadar gula darah dengan sasaran warga umur 15 - 59 tahun. Dari hasil cek kesehatan ini lanjut warga diberikan saran saran medis agar dapat memelira kesehatannya tetap prima.
 
Pelayanan kesehatan yang dilakukan di pura dalem  (3/4) pukul 15.00 - 20.00 wita, Bidan Ayu melaporkan ada 146 orang sasaran yang memeriksakan diri dengan rekaman medis sebagai berikut: tekanan darah/ tensi tertinggi di atas normal tercapai angka 200, kadar gula tertinggi diatas normal tercapai angka 345. Ayu menegaskan bahwa cukup banyak warga yang memiliki tensi tinggi demikian juga halnya kadar gula tinggi.
 
Tim Medis Puskesmas memberikan saran medis untuk warga yang kesehatannya kurang prima, ada 4 hal langkah medis perlu dilajukan yaitu: mengatur pola makan secara disiplin, rajin olah raga, cukup waktu istirahan, memeriksakan diri secara rutin di polindes, puskesmas, dokter pribadi dan minum obat. (ditulis/ dilaporkan Babinkamtibmas Nyuhtebel I Wayan Sridana).


Oleh : nyuhtebel | 08 April 2019 | Dibaca : 91 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :