Logo

036341250

  • Om Swastyastu, Selamat Datang di Website Resmi Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem
Rabu Wage
Baca Berita

Atasi Timbunan Sampah Plastik Sekali Pake (PSP)

Oleh : nyuhtebel | 08 Juli 2019 | Dibaca : 138 Pengunjung

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karangasem dan Provinsi Bali menggelar kegiatan sosialisasi Peraturan Gubernur nomor 97 tahun 2018 tentang pembatasan timbunan sampah PSP di Aula Kantor Bupati Karangasem Senin (1/7) pukul 10.00 wita.
 
Hadir pada kegiatan tersebut ketua forum perbekel se-Kabupaten Karangasem, camat se-Kabupaten Karangsem, pengelola pasar, dinas pariwisata dan undangan lainnya.
 
Tim sosialisasi yang diwakili oleh Dr. Luh Kartini ( dosen Fak Pertanian Unud) memaparkan tentang sasaran peraturan gubernur  (pergub) 97/2018 mengatasi timbunan sampah PSP (plastik kresek, sedotan, styrefom) karena sangat meracuni tanah dan sangat membahayakan kesehatan manusia.
 
Kepala Dinas LH Karangasem menghimbau perbekel agar berupaya mengelola sampah berbasis desa dengan cara: sampah organik diolah di tempat, plastik dipisah di rumah tangga lalu dikirim ke bank sampah central Amlapura, residu dikirim ke TPA, hal ini perlu dilakukan karena TPA karangasem sudah hampir penuh.
 
Sekretaris Camat Manggis bertanya saat sesi diskusi menanyakan sampah plastik yang memiliki kriteria seperti apa yang dapat diterima oleh Bank Sampah Central Amlapura?  karena banyak sampah plastik terkumpul tidak diambil oleh bank sampah.
 
Kadis LH Karangasem menjawab: akan mencoba  menghubungi Bank Sampah Duit Kabupaten Bangli yang mungkin dapat menerima segala macam sampah plastik.
 
Mencermati jawaban tersebut tergambar di kabupaten karangasem belum ada bank sampah yang mampu menampung sampah plastik yang dikumpulkan oleh masyarakat berupa bermacam plastik sampah. (pewarta warga nyegara gunung nyuhtebel)


Oleh : nyuhtebel | 08 Juli 2019 | Dibaca : 138 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :