Logo

036341250

  • Om Swastyastu, Selamat Datang di Website Resmi Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem
Rabu Wage
Baca Berita

Dinas Kesehatan Hibahkan Poskesdes/ Polindes ke Desa

Oleh : nyuhtebel | 08 Juli 2019 | Dibaca : 126 Pengunjung

Setelah pemerintah meluncurkan Undang undang Desa 6/2014 banyak kewenangan yang dapat dilaksanakan oleh pemerintah desa untuk membangun desa. Pada dasarnya ada 3 kelompok kewenangan desa yang dapat dijalankan yaitu: kewenangan berdasarkan asak usul, kewenangan lokal berskala desa, kewenangan atas tugas tugas pembantuan.
 
Untuk hal itulah Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem mengundang Ketua Forum Perbekel Se-Kabupaten Karangasem, Dinas PMD dan BPKAD bidang pengelolaan aset untuk mengadakan rapat Senin (8/7) di Aula Dinas Kesehatan di Amlapura.
 
Kepala Dinas Kesehatan Karangasem didampingi Sekretaris Dinas menjelaskan tujuan rapat sebagai langkah awal untuk membahas mekanisme penyerahan hibah (gedung) poskesdes/ polindes  pemerintah daerah kepada pemerintah desa.
 
Kepala Dinas menuturkan bahwa sejak Mentri Kesehatan RI meluncurkan program desa siaga kesehatan antara tahun 2008/ 2009 ada sekitar 30 an gedung poskesdes dibangun oleh pemerintah dan kini gedung gedung tersebut  kurang terpelihara dan cukup banyak yang mengalami kerusakan ringan maupun ada yang berat. Sedangkan  pemerintah desa belum dapat memperbaiki gedung tersebut karena masih tercatat sebagai aset pemerintah daerah.
 
Program desa siaga yang  dulu diselenggarakan dinas kesehatan saat ini sudah menjadi kewenangan pemerintah desa, poskesdes dikelola oleh dua orang kader desa siaga terlatih yang dibiayai oleh Pemerintah Desa. Oleh karenanya gedung poskesdes mestinya segera dihibahkan ke desa agar pemerintah desa dapat melakukan pemeliharaan dan memanfaatkan secara maksimal, tegas kepala dinas kesehatan karangasem. Namun demikian masih banyak kendala yang dihadapi untuk hibah ini antara lain tanah tempat bangunan ada beberapa brrstatus milik perseorangan, ada juga tanah desa adat, dan itu semua perlu proses panjang. Rapat akan dilanjutkan waktu mendatang mengundang semua perbekel terkait , kata kepala dinas lanjut menutup rapat. (pewarta warga nyuhtebel)


Oleh : nyuhtebel | 08 Juli 2019 | Dibaca : 126 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :