Logo

036341250

  • Om Swastyastu, Selamat Datang di Website Resmi Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem
Selasa Legi
Baca Berita

Melestarikan Tari Sisya Calon Arang

Oleh : nyuhtebel | 28 Januari 2019 | Dibaca : 98 Pengunjung

Pesraman Remaja Werdy Sesana ( WS) berlatih Tari Sisya Sabtu (26/1) pukul 18.00 di Balai Masyarakat Banjar Karanganyar Desa Nyuhtebel.
 
Sebanyak 20 orang remaja pria hadir mengikuti latihan  dipandu oleh I Nengah Kerini/ Muliasa. Kegiatan berlatih tari sisya ditetapkan oleh pemandu dilaksanakan pada setiap hari Sabtu mulai pukul 18.00 ditempat yang sama.
 
Krini menargetkan untuk 5 kali latihan sudah mantap, dan lanjut disetting dengan latihan bersama seke gong/ gamelan/ karawitan.
 
Krini sebagai pemandu selalu mengingatkan kepada penari bahwa tari ini berpasangan, setiap pasangan memiliki nama, dan mengucap mantra tertentu. Oleh karenanya setiap penari harus hafal nama pasangannya (ada: i lenda, lindi, ofsirsa, jaran guyang), hafal ucapan mantramnya, dan juga pakem gerak tarinya. Itulah yang diarahkan pemandu saat pertama kali latihan
 
Klian desa Pekraman Nyuhtebel I Ketut Mudra memantau kegiatan latihan Tari Sisya, mengatakan latihan telah berjalan lancar, dan berharap penari disiplin berlatih sehingga rencana pentas bulan Mei dapat diwujudkan. (pewarta warga nyuhtebel).


Oleh : nyuhtebel | 28 Januari 2019 | Dibaca : 98 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :