Logo

036341250

  • Om Swastyastu, Selamat Datang di Website Resmi Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem
Selasa Legi
Baca Berita

Prajuru Desa Adat Nyuhtebel Bangkitkan Tari Jauk dan Bojrag

Oleh : nyuhtebel | 28 Januari 2019 | Dibaca : 105 Pengunjung

Prajuru Desa Adat Nyuhtebel Widang Parahyangan seksi Tari Wali I Ketut Sukendra dan kawan-kawan memfasilitasi penyelenggaraan pelatihan tari wali minggu (27/1) pukul 18.00 di gedung Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).
 
Pelatihan Tari Wali Jauk dan Bojrag di asuh oleh I Nengah Kardana. Paling sedikit ditarget  15 orang peserta yang di latih tahap pertama.
 
Sukendra menyampaikan  bahwa kedua jenis tari ini untuk melengkapi cerita Tari Barong Rangda Calon Rangda dengan lakon Tang Ting Mas maupun Tuwung kuning.
 
Sukendra menceritakan bahwa Desa Adat memiliki penyungsungan/ Nilai Tari yang sangat disakralkan yaitu Tari Barong Rangda dengan serangkaian tari dalam satu cerita Calong Arang yaitu: tari telek, jauk putih dan merah, jauk munjru, barong, bojrag, penasar, sisya, rarung, dan rangda.
 
pada tahun 60 an, ketika Tapakan Barong Rangda ditarikan, alur ceritanya lengkap dengan jenis tarian di atas, namun menapaki tahun 80 an tarian tetsebut mengalami perubahan. Nah tarian sakral Barong Rangda tahun 60 an yang dipentaskan di Desa Nyuhtebel inilah yang akan dilestarikan Pukas Sukendra. ( pewarta warga nyuhtebel ).


Oleh : nyuhtebel | 28 Januari 2019 | Dibaca : 105 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :